IMPLEMENTASI MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING (MODERAT) MELALUI STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) YANG BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA

Susanty, Hanni and Kancono, Kancono and Wiwit, Wiwit (2012) IMPLEMENTASI MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING (MODERAT) MELALUI STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) YANG BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Hanni Susanty-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa kelas X-3 SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu pada materi Reaksi Redoks dengan menerapkan Modification of Reciprocal Teaching (Moderat) melalui Structure Exercise Methode (SEM) yang berbasis konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, post test, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup dengan rata-rata skor 25, pada siklus II berada pada kategori baik dengan rata-rata skor 35 dan rata-rata skor 41 pada siklus III dengan kategori baik. Peningkatan aktivitas siswa mengakibatkan peningkatan pada hasil belajar. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 66,47, siklus II meningkat menjadi 73,23 dan siklus III meningkat menjadi 77,06. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I sebesar 61,76%, siklus II meningkat menjadi 82,35% dan siklus III meningkat menjadi 91,17%. Dari hasilpenelitianini, dapat disimpulkan bahwa penerapan Modification of Reciprocal Teaching (Moderat) melaluiStructure ExerciseMethode(SEM) yang berbasiskonstruktivismedapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswakelas X-3 SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 07:45
Last Modified: 19 Dec 2013 07:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4979

Actions (login required)

View Item View Item