Winarni, Endang Widi (2012) PENGGUNAAN VALUE CLARIFICATION DENGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA), SIKAP ILMIAH, DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (SD). EXACTA, 10 (2). pp. 106-110. ISSN 1412-3617
|
Text (Journal)
01. Endang Widi Winarni.pdf - Published Version Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (45kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas pembelajaran IPA, sikap ilmiah, dan hasil belajar menggunakan pendekatan value clarification dengan media Computer Assisted Instruction (CAI) melalui lesson study. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 09 Kota Bengkulu pada semester I tahun ajaran 2010/2011. Lesson study ini dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan pengamatan (see). Masing-masing tahap tersebut dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus I dilakukan pada materi “Penyesuaian diri makhluk hidup untuk memperoleh makanan” dan siklus II pada materi “Penyesuaian diri makhluk hidup untuk melindungi diri dari musuh”. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan value clarification dengan media komputer CAI melalui lesson study dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran, sikap ilmiah, dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 22 Mar 2013 00:45 |
Last Modified: | 22 Mar 2013 00:45 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/498 |
Actions (login required)
View Item |