MENUMBUHKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DARI BAHAN LIMBAH DENGAN BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK B TK RAFLESSIA KOTA BENGKULU

Hayu Kartika, Primanti and Sumarsih, Sumarsih and Afifatus , Sholihah (2012) MENUMBUHKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DARI BAHAN LIMBAH DENGAN BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK B TK RAFLESSIA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI PRIMANTI HAYU KARTIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Kreativitas anak belum berkembang secara maksimal, sebagian anak masih tergantung dengan contoh yang diberikan oleh guru. Hal ini disebabkan oleh beberapa factor antara lain, pembelajaran yang diberikan guru hanya tergantung dengan buku-buku kegiatan yang diperoleh dari diknas setempat, kurangnya alat permainan yang disediakan oleh sekolah. Sedangkan tujuannya untuk mengetahui apakah kreativitas anak dapat ditingkatkan dengan menggunakan alat permainan edukatif dari kardus bekas dan meningkatkan pemahaman anak dalam mengenal 5 macam bentuk geometri dengan menggunakan media potongan dari kardus bekas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian anak kelompok B Taman kanak-kanak Raflesia Kota Bengkulu tahun ajaran 2010-2011 berjumlah 14 orang anak, yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi,(4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan menggunakan teknik observasi. Lembar observasi anak digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas anak di kelas ketika proses belajar mengajar berlangsung. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan diketahui bahwa melalui alat permainan edukatif dari bahan limbah (kardus bekas) dapat meningkatkan kreativitas anak untuk usia Taman kanak-kanak. Hal ini dapat terlihat dari keberhasilan anak pada siklus pertama (40,47%), dan siklus kedua meningkat sebanyak (73,80%). Berdasarkan dari uraian mengenai hasil dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif dari kardus bekas dengan bentuk geometri dapat meningkatkan kreativitas anak di Taman kanak-kanak Raflesia Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 08:17
Last Modified: 19 Dec 2013 08:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4989

Actions (login required)

View Item View Item