Rahmawati, Rahmawati and Agus, Martono and Yulidesni, Yulidesni (2011) UPAYA MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKAANAK MELALUI BERMAIN MAZE (MENCARI JEJAK) PADA KELOMPOK B DI PAUD TAMAN ISLAM KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
RAHMAWATI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan bermain maze dapat menstimulasi kecerdasan logika matematika pada anak khususnya (1) Anak dapat menyebutkan angka 1-10 dengan baik (2) Anak dapat mengurutkan angka 1-10 dengan baik (3) Anak dapat memecahkan masalah sederhana dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok B PAUD Taman Islam yang berjumlah 10 orang, terdiri dari 3 orang anak perempuan dan 7 orang anak laki-laki. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus pertama dan siklus kedua.Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan data ststistik sederhana berupa persentase.Hasil penelitian ini berupa kemampuan anak dalam menyebutkan angka 1-10 dengan baik, kemampuan dalam mengurutkan angka 1-10 dengan baik, kemampuan anak dalam memecahkan masalah sederhana dengan baik.Dengan nilai persentase yang diperoleh dalam upaya menstimulasi kecerdasan logika matematika anak pada siklus I mencapai 60% dan meningkat menjadi 80% pada siklus II. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan dan berhasil.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan bermain Maze dapat menstimulasi kecerdasan logika matematika pada anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 08:20 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 08:20 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4990 |
Actions (login required)
View Item |