MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MELALUI METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR SERI DI KELAS B1 TK WIDYA KENCANA KABUPATEN KEPAHIANG

Eprillena, Eprillena and Sutrisno, Edi and Norman, Syam (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI MELALUI METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR SERI DI KELAS B1 TK WIDYA KENCANA KABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
APRILLENA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Latar belakangnya diadakan penelitian ini adalah karena kemampuan berkomunikasi anak sangat rendah itu ditandai dengan adanya anak belum mampu menceritakan kejadian sekitarnya , secara sederhana .Dari berbagai alas an yang terjadi dalam kelas B1 di Taman Kanak - Kanak Widya Kencana . Maka , diadakan peneitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan berkomunokasi anak. Untuk usia taman kanak – kanak dengan metode bercerita dengan gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada anak . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) , dengan subjek penelitian anak kelompok B Taman Kanak – kanak Widya Kencana Kabupaten kepahiang tahun ajaran 2011-2012 berjumlah 14 anak , yang terdiri dari 7 orang perempuan dan 7 orang laki – laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan , (2)pelaksanaan tindakan , (3) observasi , (4) refleksi. Penggumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik observasi . Lembar observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan aktifitas anak maupun aktifitas guru di kelas ketika proses belajar mengajar berlangsung . Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan diketahui bahwa metode cerita dengan gambar seri dapat meningkatkan kemampuan bekomunikasi pada anak usia dini. Hal ini dapat terlihat dari keberhasilan anak pada siklus I sebanyak 57,14% meningkat sebanyak 28,57% pada siklus ke II menjadi 85,71%. Begitu juga dengan aktifitas guru pada siklus I mendapat skor 35 untuk kemampuan merancang pembelajaran dan 67 untuk kemampuan guru melaksanakan pembelajaran . Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 38 dan 70 semua dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 08:50
Last Modified: 19 Dec 2013 08:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5000

Actions (login required)

View Item View Item