Aprianto, Aprianto and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Ismail, Ismail (2012) PENGGUNAAN METODE SAS DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS I SDN 56 KECAMATAN SEGINIM KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
APRIANTO.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (988kB) |
Abstract
Penggunaan metode sas dalam peningkatkan kemampuan membaca permulaan di kelas I SDN 56 Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode SAS untuk meningkatkan kemampuan membaca kelas 1 SDN 56 Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN 56 Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan. Melalui penelitian ini diharapkan dapat dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa setelah menggunakan pembelajaran dengan metode SAS. Penelitian ini dilakukan kelas 1 SDN 56 Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan dengan jumlah siswa 20 orang. Pengumpulan data tentang peningkatan-peningkatan hasil belajar siswa dalam peningkatan membaca siswa dengan menggunakan metode SAS diambil melalui tes, sehingga persentase ketuntasan klasikal dapat diukur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode SAS dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar. Ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata 60,75 % dengan ketuntaan belajar 22,2%, siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 65 dengan ketuntasan klasilkal 50 % dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 78 dengan ketuntasan klasikal mencapai 90 %. Jadi setiap terjadi perlakuan tindakan terdapat penambahan peningkatan hasil belajar siswa. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran dengan metode SAS dalam meningkatkan kemampuanmembaca siswa kelas 1 SDN 56 Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 08:54 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 08:54 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5001 |
Actions (login required)
View Item |