PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA PERMAINAN MENGGUNAKAN MEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 40 KOTA BENGKULU

Puspitasari, , Anita and Pudji , Hartuti and Herman , Lusa (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA PERMAINAN MENGGUNAKAN MEDIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 40 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Anita Puspitasari--0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa, kualitas proses guru dan meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian adalah kelas III SDN 40 Kota Bengkulu. instrument yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes tertulis dalam bentuk esai. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan (observasi) dan tes prestasi dengan teknik analisis data untuk data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 34,5 dengan kriteria cukup, rata-rata skor observasi siswa sebesar 34,75 dengan kriteria cukup, pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 44 dengan kriteria baik, rata-rata skor observasi siswa sebesar 44 dengan kriteria baik. (2) hasil analisis rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I IPS sebesar 6, IPA 6,09, Bahasa Indonesia 6,43, Matematika 8,22, dan PKn 5,89. Semakin meningkat pada siklus II yaitu IPS sebesar 7,3, IPA 7,7, Bahasa Indonesia 8,6, Matematika 8,5 dan PKn 7,0. (3) hasil analisis rata-rata ranah afektif pada siklus I IPS sebesar 11, IPA sebesar 10,5, Bahasa Indonesia 10,1, Matematika 10,1, dan PKn 10,23. Meningkat pada siklus II yaitu IPS sebesar 12,43, IPA 12,43, Bahasa Indonesia 13, Matematika 12,69, dan PKn sebesar 12,65. (4) hasil analisis rata-rata ranah psikomotor pada siklus I yaitu IPS sebesar 8,78, IPA sebesar 8,65, Bahasa Indonesia 8,26, Matematika sebesar 8,87, dan PKn sebesar 8,65. Meningkat pada siklus II yaitu IPS sebesar 10,13, IPA 10,04, Bahasa Indonesia sebesar 9,87, Matematika 10,18, dan PKn sebesar 9,83. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tematik dengan menggunakan media sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 40 Kota Bengkulu serta dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 09:12
Last Modified: 19 Dec 2013 09:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5006

Actions (login required)

View Item View Item