STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAN METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS V DI SD NEGERI 103 KOTA BENGKULU

Putra, , Andri and Puspa , Djuwita and Wurjinem, Wurjinem (2012) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAN METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS V DI SD NEGERI 103 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Andri Putra-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn yang menggunakan metode diskusi kelompok dan menggunakan metode penugasan dikelas V SDN 103 Kota Bengkulu. Penelitian ini mendapatkan perlakuan sebanyak 8 kali yakni penggunaan metode diskusi kelompok sebanyak 4 kali dan penggunaan metode penugasan sebanyak 4 kali pada mata pelajaran yang sama. Penelitian menggunakan populasi yaitu seluruh siswa kelas V SDN 103 Kota Bengkulu, yang merupakan sampel dari penelitian di SDN 103 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi berupa foto-foto siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik t-tes. Uji t yang dilakukan diperoleh nilai thit = 8,28 dan ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,00 dan ttabel pada taraf signifikan 1% = 2,66. Jadi thit > ttabel yang artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar PKn siswa yang menggunakan metode diskusi kelompok dan dengan menggunakan metode penugasan pada kelas V SDN 103 Kota Bengkulu. Berdasarkan nilai rata- rata hasil belajar siswa untuk kelas V SDN 103 Kota Bengkulu yang menggunakan metode diskusi kelompok yaitu sebesar 7,67 sedangkan nilai rata- rata hasil belajar yang menggunakan metode penugasan adalah sebesar 5,79. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar PKn siswa pada kelas V SDN 103 Kota Bengkulu dalam pembelajaran metode diskusi kelompok lebih tinggi daripada pembelajaran yang menggunakan metode penugasan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 09:23
Last Modified: 19 Dec 2013 09:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5010

Actions (login required)

View Item View Item