Putra, , Andri and Puspa , Djuwita and Wurjinem, Wurjinem (2012) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAN METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS V DI SD NEGERI 103 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
Skripsi Andri Putra-0.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn yang menggunakan metode diskusi kelompok dan menggunakan metode penugasan dikelas V SDN 103 Kota Bengkulu. Penelitian ini mendapatkan perlakuan sebanyak 8 kali yakni penggunaan metode diskusi kelompok sebanyak 4 kali dan penggunaan metode penugasan sebanyak 4 kali pada mata pelajaran yang sama. Penelitian menggunakan populasi yaitu seluruh siswa kelas V SDN 103 Kota Bengkulu, yang merupakan sampel dari penelitian di SDN 103 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi berupa foto-foto siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik t-tes. Uji t yang dilakukan diperoleh nilai thit = 8,28 dan ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,00 dan ttabel pada taraf signifikan 1% = 2,66. Jadi thit > ttabel yang artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar PKn siswa yang menggunakan metode diskusi kelompok dan dengan menggunakan metode penugasan pada kelas V SDN 103 Kota Bengkulu. Berdasarkan nilai rata- rata hasil belajar siswa untuk kelas V SDN 103 Kota Bengkulu yang menggunakan metode diskusi kelompok yaitu sebesar 7,67 sedangkan nilai rata- rata hasil belajar yang menggunakan metode penugasan adalah sebesar 5,79. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar PKn siswa pada kelas V SDN 103 Kota Bengkulu dalam pembelajaran metode diskusi kelompok lebih tinggi daripada pembelajaran yang menggunakan metode penugasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 09:23 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 09:23 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5010 |
Actions (login required)
View Item |