PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 121 BENGKULU SELATAN

Qinno, Alva and Sazili, Muchtar and Resnani, Resnani (2012) PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 121 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
ALVA QINNO.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (905kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi kelas IV mata pelajaran IPS dengan SDN 121 Kabupaten Bengkulu Selatan melalui penerapan model belajar kooperatif tipe STAD Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 121 Bengkulu Selatan. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yang tiap-tiap siklus terdiri dari perencanaan (plan), pelaksanaan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria, sedfangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan presentase ketuntasan belajar klasikal .Kesimpulan dari peneleitian ini adalah : 1). Pembelajaran dengan menggunakan metode STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar;2). Pembelajaran dengan menggunakan metode STAD meningkatkan prestasi belajar siswa pembelajaran IPS kelas IV di SDN 121 Kabupaten Bengkulu Selatan; 3). Dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode STAD sudah berjalan dengan baik, baik untuk aktifitas guru maupun aktifitas siswa. Peningkatan dari siklus I dengan skor 23 menjadi 30 pada siklus II dari kriteria cukup ke kriteria baik untuk guru serta dari skor 23,5 menjadi 31 pada siklus II untuk keaktifan siswa dari cukup ke baik menunjukkan bahwa metode yang dipakai telah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 09:25
Last Modified: 19 Dec 2013 09:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5011

Actions (login required)

View Item View Item