PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)UNTUK MENINGKATKANAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SDN 16 SELUMA

Wijayanti, Tri, Wijayanti, Tri and Daimun , Hambali and Hasnawati, Hasnawati (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)UNTUK MENINGKATKANAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SDN 16 SELUMA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-tri.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (817kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-tri.fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa di kelas V SDN 16 Seluma dengan cara menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas V SD Negeri16 Seluma yang terdiri dari 23 orang siswa 10 lakilaki dan 13 perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Data Observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran untuk tiap kriteria,sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentasi ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu : (1) pada siklus I diperoleh nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 28,25 dengan kategori cukup dan nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 25,5 dengan kategori cukup, dan nilai rata-rata tes sebesar 70,65 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 60,86 %, (2) Pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata aktivitas guru menjadi sebesar 36,25 dengan kategori baik dan nilai rata-rataaktivitas siswa sebesar 35 dengan kategori baik, dan nilai rata-rata tes sebesar 81,86 dengan ketuntasan belajar klasikal 82,60 %. Jadi secara keseluruhan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwaPenerapanModel PembelajaranKooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa padamatapelajaranIPAKelasV SDN 16 Seluma.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 19 Dec 2013 13:39
Last Modified: 19 Dec 2013 13:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5026

Actions (login required)

View Item View Item