UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Bundari, Bundari and Rosane, Medriati and Sri , Ken Kustianti (2012) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Bundari-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu melalui metode Discovery Learning. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Class Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian afektif dan psikomotorserta lembar tes tertulis dalam bentuk essay. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal.dari analisis data menunjukkan pada siklus Idiperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 22,5 dengan kriteria cukup, dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa sebesar 21,75 dengan kriteria cukup. Pada siklus II rata-rata skor observasi guru meningkat sebesar 29 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa meningkat sebesar 28,75 dengan kriteria baik. Peningkatan aktivitas siswa tersebut yaitu kemampuan menganalisis, memecahkan masalah, bekerjasama dalam memecahkan masalah, berpendapat mengenai permaslahan dan mampu menyimpulkan hasil akhir daripemecahan masalah. Dan peningkatan aktivitas guru yaitu guru sebagai pembimbing, motivator dan fasilitator. Kemudian pada lembar penilaian afektif pada siklus I ketuntasan belajar hanya 60 % dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Sedangkan psikomotor pada siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar sebesar 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,66%. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 53,33%dengan nilai rata-rata 6,3. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 83,33% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 7,31. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPA serta dapat meningkatkan hasil belajar khususnya siswa kelas kelas IV SD Negeri 17 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:06
Last Modified: 19 Dec 2013 15:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5034

Actions (login required)

View Item View Item