PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL QUANTUM TEACHING “TANDUR” MELALUI TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 58 KOTA BENGKULU

Hartadi, , Dedhi. and Endang , Widi Winarni and Nani , Yuliantini (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL QUANTUM TEACHING “TANDUR” MELALUI TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 58 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Dedhi Hartadi-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 58 Kota Bengkulu dengan menggunakan Model Quantum Teaching “TANDUR” Melalui Teknik Think Pair Share. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama dua siklus, melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) Observasi guru pada siklus I diperoleh skor 81 nilai rata- rata 40.5 dengan kriteria “baik”, meningkat pada siklus II diperoleh skor 90 nilai rata-rata 45 dengan kriteria “baik”. (2) Observasi siswa siklus I diperoleh skor 85 nilai rata-rata 42.5 dengan kriteria “baik”, meningkat pada siklus II diperoleh skor 92 nilai rata-rata 46 dengan kriteria “baik”. (3) Ranah kognitif siklus I sebagai berikut: SBK : 70,59, IPS: 79,41, Matematika: 66,17, IPA: 80,88, Bahasa Indonesia: 76,17, dan PKn: 79,85. Nilai meningkat pada siklus II yaitu: Bahasa Indonesia: 8088, Matematika: 76,32, PKn: 84,26, IPS: 80,88, IPA: 83,82 dan SBK: 73,97. (4) Ranah afektif siklus I sebagai berikut: Bahasa Indonesia: 10,17 kategori cukup, IPS: 10,44 kategori cukup, SBK: 10,47 kategori cukup, Matematika: 10,26 kategori cukup, IPA: 10,38 kategori cukup, PKn: 10,41 kategori cukup.Nilai afektif meningkat pada siklus II, yaitu: Bahasa Indonesia: 12,6 kategori baik, IPS: 12,63 kategori baik, SBK: 12,71 kategori baik, Matematika: 12,54 kategori baik, IPA: 12,6 kategori baik, PKn: 12,6 kategori baik (5) Ranah psikomotor siklus I sebagai berikut: Bahasa Indonesia: 9,01 kategori cukup, IPS: 8,89 kategori cukup, SBK: 8,71 kategori cukup, Matematika: 9,01 kategori cukup, IPA: 8,59 kategori cukup, PKn: 8,98 kategori cukup.Nilai psikomotor meningkat pada siklus II, yaitu: Bahasa Indonesia: 9,96 kategori baik, IPS: 10,22 kategori baik, SBK: 10,18 kategori baik, Matematika: 9,81 kategori baik, IPA: 10,13 kategori baik, PKn: 9,84 kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Pembelajaran Tematik Model Quantum Teaching “TANDUR” Melalui Teknik Think Pair Share dapat Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 58 Kota Bengkulu. Maka disarankan kepada guru untuk menggunakan Model Quantum Teaching “TANDUR” Melalui Teknik Think Pair Share dalam pembelajaran tematik khusus nya kelas rendah I, II dan III.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:12
Last Modified: 19 Dec 2013 15:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5037

Actions (login required)

View Item View Item