PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 166 SELUMA

Martopa, Dian and Sazili, Muchtar and Resnani, Resnani (2012) PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 166 SELUMA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
DIAN MARTOPA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (677kB)

Abstract

Penerapan metode inquiry untuk meningkatkan hasil belajar metematika siswa kelas V SDN 166 Seluma. Yang bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 166 Seluma. Melalui penelitian ini diharapkan dapat dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran dengan metode inquiry. Penelitian ini dilakukan kelas V 166 Seluma dengan jumlah siswa 30 orang. Pengumpulan data tentang peningkatan-peningkatan hasil belajar siswa dalam peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inquiry diambil melalui tes, sehingga persentase ketuntasan klasikal dapat diukur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode inquiry dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar. Ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 6,87 dengan ketuntasan klasilkal 56,67 % pada dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 8,62 dengan ketuntasan klasikal mencapai 86,67 %. Jadi setiap terjadi perlakuan tindakan terdapat penambahan peningkatan hasil belajar siswa. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran dengan metode inqury dalam meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa kelas V SDN 166 Seluma dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:22
Last Modified: 19 Dec 2013 15:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5043

Actions (login required)

View Item View Item