MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVSEKOLAH DASAR NEGERI 04 BENGKULU SELATAN

Marliana, Dina and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Ismail, Ismail (2012) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVSEKOLAH DASAR NEGERI 04 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
DINA MARLIANA-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif dengan penggunaan metode make a match dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Bengkulu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar 04 Bengkulu Selatan dengan penerapan metode make a match dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran Matematika dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 04 Bengkulu Selatan yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan metode make a match.Yang dilakukan dalam 2 siklus yaitu empat tahapan Yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi,evaluasi.Teknik analisis data dalam penulisan ini menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk rata-rata. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penerapan metode make a match dapat meningkat keaktifan siswa yang mana terbukti dari siklus I keaktifan hanya 61,11% meningkat pada siklus II menjadi 83,33%. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai yaitu 46,33 pada pra siklus, 65,67 pada siklus I dan 83,00 pada siklus I serta ketuntasan belajar pada pra siklus hanya 16,67%, meningkat pada siklus I menjadi 76,67 dan pada siklus II mencapai 93,33%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan penerapan metode make a match pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan keaktifan serta prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:25
Last Modified: 19 Dec 2013 15:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5045

Actions (login required)

View Item View Item