PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2 TAMAN KANAK-KANAK YASPORBI KOTA BENGKULU MELALUI PERMAINAN MEMANCING IKAN

Widiyanti, Dini and Fuji Astuti, Fitri and Delferi, Delferi (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2 TAMAN KANAK-KANAK YASPORBI KOTA BENGKULU MELALUI PERMAINAN MEMANCING IKAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI DINI WIDIYANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan kognitif anak kelompok B2 Taman Kanak-kanak Yasporbi Kota Bengkulu dapat meningkat melalui permainan memancing ikan?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak. Subjek penelitian ini anak kelas B2 Taman Kanak-kanak Yasporbi Kota Bengkulu dengan jumlah anak 15 orang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang saling terkait dan berkelanjutan. Metode pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi anak. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah data statistik sederhana berupa persentase. Hasil penelitian pada siklus I, terdiri dari tiga aspek yang pertama yaitu kemampuan anak dalam mengelompokkan warna diperoleh rata-rata 46% dan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Aspek kedua yaitu kemampuan dalam membandingkan ukuran ikan pada siklus I diperoleh rata-rata 53% dan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Pada aspek ketiga yaitu kemampuan anak dalam menghitung jumlah ikan pada Siklus I diperoleh rata-rata 46% dan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Selanjutnya dari ketiga aspek penilaian tersebut menghasilkan yaitu siklus I mencapai 48,33 dan siklus II meningkat menjadi 86%. Hasil penelitian ini dapat disimpulan bahwa melalui permainan memancing ikan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:27
Last Modified: 19 Dec 2013 15:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5046

Actions (login required)

View Item View Item