PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI MELALUI DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DI KELAS V SDN 103 BENGKULU SELATAN

Syafitri Dewi, Eka and Sazili, Muchtar and Yulian, Fauzi (2012) PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI MELALUI DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DI KELAS V SDN 103 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
EKA SYAFITRI DEWI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (400kB)

Abstract

Penerapan Pendekatan Inkuiri Melalui Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA di Kelas V SD Negeri 103 Bengkulu Selatan, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 103 Bengkulu Selatan dengan penerapan pendekatan inkuiri melalui diskusi kelompok pada pembelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Apakah penerapan pendekatan inkuiri melalui diskusi kelompok dapat meningkatkan keaktifan dan partisipasi siswa pada pembelajaran IPA dan Apakah penerapan pendekatan inkuiri melalui diskusi kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan 2 variabel, yaitu variabel independennya adalah pendekatan inkuiri melalui diskusi kelompok sedangkan variabel dependennya adalah prestasi belajar siswa. Adapun instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes. Subjek penelitian adalah siswa/siswi kelas V SD Negeri 103 Bengkulu Selatan yang berjumlah 22 orang. Data tes dianalisis dengan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Sehingga diperoleh hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata siswa yakni 6,3 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 60,52% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa 7,8 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 89,52%. Berdasarkan penelitian tersebut maka penerapan pendekatan inkuiri melalui diskusi kelompok untuk meningkatkan prestasi belajar IPA di kelas V SD Negeri 103 Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:37
Last Modified: 19 Dec 2013 15:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5050

Actions (login required)

View Item View Item