MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK MELALUI PENGGUNAAN REINFORCEMENT SECARA VARIATIF PADA ANAK KELOMPOK B3 TAMAN KANAK – KANAK NEGERI PEMBINA KEPAHIANG

Erawati, Erni and Sutrisno, Edi and Norman, Syam (2012) MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK MELALUI PENGGUNAAN REINFORCEMENT SECARA VARIATIF PADA ANAK KELOMPOK B3 TAMAN KANAK – KANAK NEGERI PEMBINA KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
ERNI ERAWATI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (575kB)

Abstract

Permasalahan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu “ Bagaimana peggunaan reinforcement secara variaif dapat meningkatkan kedisiplinan anak kelompok B3 Taman Kanak- Kanak Negeri Pembina Kepahiang”. Adapun tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu untuk meningkatkan kedisiplinan anak kelompok B3 Taman Kanak- Kanak Negeri Pembina Kepahiang. Tindakan yang digunakan untuk meningkatkan kedisiplinan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu dengan penggunaan reinforcement secara variatif. Subjek penelitian berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari 12 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Pada siklus I secara umum diperoleh 62,25% anak yang telah meningkatdisiplinnya. Pada siklus II secara umum diperoleh 89,61% anak yang telah meningkat disiplinnya. Siklus II dinyatakan berhasil karena persentase dari kriteria keberhasilan yaitu 75%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan reinforcement secara variatif dapat meningkatkan kedisiplinan anak kelompok B3 Taman Kanak- Kanak Negeri Pembina Kepahiang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:56
Last Modified: 19 Dec 2013 15:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5059

Actions (login required)

View Item View Item