LESSON STUDY PADA MATA KULIAH KIMIA SEKOLAH I SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN PEMBANGUNAN KARAKTER (CHARACTER BUILDING)

Elvinawati , Elvinawati and Sumpono, Sumpono and Hermansyah, Amir (2012) LESSON STUDY PADA MATA KULIAH KIMIA SEKOLAH I SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN PEMBANGUNAN KARAKTER (CHARACTER BUILDING). EXACTA, 10 (2). pp. 156-159. ISSN 1412-3617

[img]
Preview
Text (Journal)
12. Elvinawati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Lesson Study dalam mata kuliah Kimia Sekolah I dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran serta membantu pembangunan karakter (Character Building). Penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi dengan menerapkan lesson study yang terdiri atas tiga tahap yaitu perencanaan (Plan), pelaksanaan (Do), dan refleksi (See). Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia yang mengambil mata kuliah Kimia Sekolah I semester ganjil T.A 2012/2013. Instrumen pengumpul data penelitian terdiri atas lembar observasi dan tes. Pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan lesson study, mahasiswa secara bergantian tampil sebagai guru model sedang mahasiswa yang lainnya bertindak sebagai audiens sekaligus pengamat atau observer. Selama proses pembelajaran dilakukan observasi terhadap aktivitas belajar mahasiswa secara komprehensif baik mahasiswa yang tampil sebagai pemateri atau guru model maupun mahasiswa yang bertindak sebagai audiens serta pengamat. Untuk melihat perolehan hasil belajar mahasiswa pada aspek kognitif dilakukan tes tertulis dengan soal berbentuk essay. Dari hasil test dihitung rata-rata nilai dan ketuntasan belajar klasikal, sedang dari hasil observasi dihitung jumlah total skor yang diperoleh kemudian ditentukan kategorinya baik pada aspek afektif maupun psikomotor. Dari observasi terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran diperoleh bahwa aktivitas belajar mahasiswa berada pada kategori baik. Selain itu juga diketahui bahwa penerapan lesson study juga membantu dalam pembangunan karakter mahasiswa. Nilai-nilai seperti rasa percaya diri, bertanggung jawab, sportif, terbuka, bersemangat, kerjasama dan menghargai dapat ditumbuhkembangkan dengan baik. Dari hasil tes diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,65 dan ketuntasan belajar klasikal 59,375%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Lesson Study pada mata kuliah Kimia Sekolah I dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan membantu pembangunan karakter (Character Building) mahasiswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 26 Mar 2013 10:58
Last Modified: 26 Mar 2013 10:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item