UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI 01 KAUR TENGAH

Etilia, Resda and Rohiat, Rohiat and Lukman, Lukman (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI 01 KAUR TENGAH. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI RESDA ETILIA PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan organ tubuh manusia dan hewan di kelas V SD Negeri 01 Kaur Tengah melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 01 Kaur Tengah. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes tertulis. Data observasi dianalisis dengan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai tiap criteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai, daya serap, dan persentase ketuntasan balajar klasikal. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah: (1) siklus I dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 22,5, aktivitas siswa 22, sedangkan nilai rata-rata 70,2, daya serap 70,2% dan ketuntasan belajar klasikal 60%; (2) siklus II dengan rata-rata skor observasi guru 26 dan aktivitas siswa 26, sedangkan nilai rata-rata 83, daya serap 83% dan ketuntasan belajar klasikal 93,3%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 01 Kaur Tengah. Dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw hendaknya guru memberikan perhatian yang merata kepada siswa dan menanamkan sikap ketergantungan positif dengan sesama anggota kelompok pada saat diskusi sehingga siswa biasa bekerja sama dengan baik, saling menghargai, dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 15:58
Last Modified: 19 Dec 2013 15:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5060

Actions (login required)

View Item View Item