PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2 SUKARAMI

Gunawan, Hendra and Santoso, Santoso and I Wayan , Dharmayana (2012) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2 SUKARAMI. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
HENDRA GUNAWAN.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (208kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dikelas V SD Negeri 2 Sukarami pada mata pelajaran matematika dengan materi pelajaran tentang bangun ruang. Latar belakang penelitian ini adalah kurang berhasilnya proses pembelajaran matematika dikelas V SD Negeri 2 sukarami yang mengakibatkan rendahnya nilai rata- rata hasil belajar siswa, salah satu penyebab kurang berhasilnya proses pembelajaran dikarenakan kegiatan belajar kurang disenangi siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah” apakah ada dampak metode demonstrasi terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang siswa kelas V SD Negeri 2 Sukarami ” adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sukarami. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus, dimana tiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan repleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan evaluasi. Hasil penelitian pada siklus I memperoleh nilai hasil belajar dengan rata-rata 6.45, dan pada siklus II menjadi 6.90. Dengan naiknya rata-rata kelas ini menunjukan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 2 Sukarami, penerapan metode demonstrasi juga dapat menciptakan keadaan kelas lebih konduksif dan menunjang proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:14
Last Modified: 19 Dec 2013 16:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5065

Actions (login required)

View Item View Item