PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING MELALUI MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VB SDN 02 KOTA BENGKULU

Novianti, , Herna and Ansyori , Gunawan and Wurjinem, Wurjinem (2012) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING MELALUI MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VB SDN 02 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Herna Novianti-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa, aktivitas guru dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan metode Problem solving melalui media konkret pada mata pelajaran matematika kelas VB SDN 02 Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN 02 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa 35 orang. Instrumen yang digunakan yaitu: lembar observasi dan lembar tes tertulis (post tes). Data observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai persentase ketuntasan belajar siswa. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 26,25 dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata skor 31,5 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 29,25 dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata skor menjadi 33,75 dengan kriteria baik. Untuk penilaian afektif pada siklus I diperoleh rata-rata skor yaitu 6,63 dan pada siklus II diperoleh skor 7,59. Untuk penilaian psikomotor pada siklus I diperoleh skor 6,41 dan pada siklus II diperoleh skor 7,51. Adapun untuk hasil tes pada siklus I mendapat nilai rata-rata kelas 62,57 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 37%, dan untuk siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 75,78 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 82%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran Matematika dengan menerapkan metode Problem Solving melalui media konkret dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:21
Last Modified: 19 Dec 2013 16:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5067

Actions (login required)

View Item View Item