PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV DI SD NEGERI 45 KOTA BENGKULU

Ikam., Sri ZZ and Badeni, Badeni and Resnani, Resnani (2012) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV DI SD NEGERI 45 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Ikam Sri ZZ-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menemukan strategi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang paling tepat melalui metode role playing di kelas IV SD Negeri 45 kota Bengkulu, (2)Untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial melalui metode role playing di kelas IV SD Negeri 45 kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II pada setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan..Tahapan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 45 Kota Bengkulu yang terdiri dari 31 siswa pada tahun pelajaran 2010/2011. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Observasi digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: (1)strategi yang efektif dalam pembelajaran IPS menggunakan metode Role Playing, ada 9 aspek yaitu : a) Menghangatkan suasana dan memotivasi peserta didik; b) Memilih Partisipan/peran; c) Menyusun tahap-tahap peran; d) Menyiapkan pengamat; e) Pemeranan; f) Diskusi dan evaluasi; g) Pemeranan ulang; h) Diskusi dan evaluasi tahap dua; i) Membagi pengalaman dan mengambil kesimpulan ; (2) penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 45 Kota Bengkulu. Dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata yaitu pada siklus I mendapat nilai rata-rata 6,13 dengan ketuntasan belajar klasikal 61,2% dan untuk siklus II diperoleh nilai rata- rata 8,83 dengan ketuntasan belajar klasikal 90,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar. Serta kualitas proses pembelajaran IPS di keles IV SD Negeri 45 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:34
Last Modified: 19 Dec 2013 16:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5071

Actions (login required)

View Item View Item