PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 TETAP

Sukandi, Irawan and Daimun , Hambali and Herman , Lusa (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 TETAP. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI IRAWAN SUKANDI PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Tetap dengan pendekatan inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 22,5 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 11,5 dengan kriteria cukup, pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 23,5 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 17,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 50% dengan nilai rata-rata 6,4. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 94,44% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 8,1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam serta dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran khususnya di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Tetap.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:40
Last Modified: 19 Dec 2013 16:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5073

Actions (login required)

View Item View Item