PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SDN 05 TANJUNG KEMUNING

Irlini, Yiyin and Rohiat, Rohiat and Lukman, Lukman (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SDN 05 TANJUNG KEMUNING. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI YIYIN IRLINI LENGKAP PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan tema lingkungan menggunakan media gambar di kelas III SDN 05 Tanjung Kemuning, yang dilaksanakan secara siklus persiklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 05 Tanjung Kemuning yang berjumlah 17 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu, lembar tes dan lembar observasi. Tes tertulis dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai, persentase ketuntasan belajar klasikal dan daya serap klasikal, sedangkan data observasi dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, kisaran nilai untuk tiap kriteria. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: (1) Siklus I dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 20 kategori baik dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 21 kategori baik, sedangkan nilai rata-rata yaitu IPA 6,52, PKn 6,52, MTK 6,17 dan ketuntasan belajar klasikal yaitu IPA 52,9%, PKn 52,9%, MTK 70,5% ; (2) Siklus II dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 23 kategori baik dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 22 kategori baik, sedangkan nilai rata-rata yaitu IPA 7,88, PKn 7,82, MTK 7,17 dan ketuntasan belajar klasikal yaitu IPA 88,2%, PKn 88,2%, MTK 88,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran tematik dengan tema lingkungan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kualita proses pembelajaran tematik dan dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas III SDN 05 Tanjung Kemuning. Maka disarankan kepada guru sekolah dasar khususnya dalam mengajarkan pembelajaran di kelas rendah agar menerapkan pembelajaran tematik dengan menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:43
Last Modified: 19 Dec 2013 16:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5074

Actions (login required)

View Item View Item