PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS IV SD NEGERI 99 BENGKULU SELATAN

Aprianto, Joni and Lukman, Lukman and Sazili, Muchtar (2012) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS IV SD NEGERI 99 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
JONI APRIANTO.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (707kB)

Abstract

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal penerapan pendekatan kooperatif harus menggunakan suatu model yang mampu mendukung serta menyatukan keberagaman siswa. Model yang dirasa tepat dalam pendekatan pembelajaran kooperatif ini adalah kooperatif tipe jigsaw.Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) apakah penerapan pendekatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 99 Bengkulu Selatan dan (2) apakah penerapan pendekatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 99 Bengkulu Selatan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 99 Bengkulu Selatan dan (2) Untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 99 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 99 Bengkulu Selatan pada bulan Oktober dan November 2011. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 20 orang siswa. Adapun hasil penelitian ini yaitu penerapan pendekatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 99 Bengkulu Selatan dengan skor hasil observasi pada siklus I 5,25 meningkat menjadi 7,75 pada siklus II dan Penerapan pendekatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 99 Bengkulu Selatan dengan skor nilai rata-rata tes pada siklus I 64 meningkat menjadi 71,5 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini yaitu pendekatan pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:46
Last Modified: 19 Dec 2013 16:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5075

Actions (login required)

View Item View Item