Julita, Julita and Daimun , Hambali and Abdul, Muktadir (2012) Penerapan Model Cooperative Learning Teknik Kepala Bernomor Struktur untuk Meningkatkan Keaktifan Kerja Kelompok dan Hasil Belajar Pkn Siswa kelas IVSekolah Dasar Negeri 06 Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
Skripsi Julita-0.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan kerja kelompok dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06 Kota Bengkulu melalui penerapan model Cooperative Learning Teknik Kepala Bernomor Struktur. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dua siklus. Instumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengacu kepada ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 34 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 32 dengan kriteria cukup, pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 40 dengan kriteria baik dan rata- rata skor observasi siswa sebesar 39 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 53 dengan nilai rata-rata 70. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 92 dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 80 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning Teknik Kepaala Bernomor Struktur dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran khususnya di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 16:49 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 16:49 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5076 |
Actions (login required)
View Item |