PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS ANAK KELOMPOK B PAUD CENDANA INDAH KOTA BENGKULU

Marlina, Leni and Agus, Makmurtomo and Yulidesni, Yulidesni (2012) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS ANAK KELOMPOK B PAUD CENDANA INDAH KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
LENI MARLINA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dari skripsi ini adalah “Apakah Metode Eksperimen Dapat Meningkatkan Pemahamankonsep sains anak melalui kegiatan mengenal sifat-sifat air Kelompok B di PaudCendana Indah Kota Bengkulu?”.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep sains anak tentang sifat-sifat air setelah diintervensi dalam pembelajaran metode eksperimen. Penelitian ini merupakan Penelitian TIndakan Kelas, dimana yang dijadikan subjek penelitian ini adalah kelas B Paud Cendana Indah Kota Bengkulu yang berjumlah 10 orang anak yang terdiri dari 6 orang perempuan dan 4 orang anak laki-laki. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus pertama dan kedua.Tekhnik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan data statistik sederhana berupa nilai rata-rata. Dari hasi penelitian diperoleh informasi pada siklus kedua terjadi peningkatan pembelajaran, dimana yaitu siklus I hasil kemampuan eksperimen air mengalir dari tempat yang tinggi ketempat yang rendah berada pada kategori baik 6 orang anak dengan nilai rata-rata 60%, yang cukup 1 orang dengan nilai rata-rata 10%, dan yang kurang 3 orang anak dengan nilai rata-rata 30%. Pada siklus II hasil kemampuan eksperimen air bentuknya berubah-ubah, anak yang berada pada kategori baik sebanyak 8 orangoanak dengan nilai rata-rata 80%, yang cukup sebanyak 2 orang anak dengan nilai rata-rata20%. Berdasarkan aspek kemampuan eksperimen dalam rangka mengenal sifat-sifat air pada siklus I hasilrata-ratanya 22,3 (cukup), dan siklus II hasil nilai rata-ratanya 26,3 (Baik). Pada siklus II terjadi peningkatan dan berhasil, perbaikan pembelajaran ini juga meningkatkan keaktifan anak didik dalam pembelajaran.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kriteria kemampuan eksperimen dalam rangka mengenal sifat-sifat air yaitu melakukan kegiatan, menjawab pertanyaan dan menceritakan kembali hasil kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:55
Last Modified: 19 Dec 2013 16:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5078

Actions (login required)

View Item View Item