PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 01 TANJUNG KEMUNING

Noprian, Leza and Johanes, Safri and Amril, Canrhas (2012) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 01 TANJUNG KEMUNING. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI LEZA NOPRIAN PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui cara meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SDN 01 Tanjung Kemuning melalui penerapan metode diskusi, (2) mengetahui respon siswa kelas V SDN 01 Tanjung Kemuning terhadap kegiatan belajar mengajar IPA dengan penerapan metode diskusi, dan (3) mengetahui cara penerapan metode diskusi pada pembelajaran IPA sehingga hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 01 Tanjung Kemuning meningkat. Adapun subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDN 01 Tanjung Kemuning semester 1 tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 25 orang. Instrumen penelitian ini adalah: (1) Lembar observasi aktivitas siswa; (2) Angket respon siswa ; dan (3) Tes hasil belajar. Dari data observasi, angket, dan tes dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan kesimpulan sebagai berikut. (1) Cara meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui penerapan metode diskusi adalah: siswa diberi Lembara Diskusi Siswa (LDS) untuk dikerjakan secara kelompok, Siswa yang ribut pada saat pembelajaran berlangsung diminta untuk duduk di depan dan diberi pertanyaan untuk dijawab, Siswa yang tidak mau dikelompokkan dan tidak mau mengerjakan LDS diberi perhatian yang lebih, dan kelompok yang tidak sesuai dengan teman sekelompoknya diberi kesempatan untuk memilih sendiri teman kelompok yang disenanginya dengan catatan jika ada kelompok yang terdiri dari siswa yang pintar semua mesti dipertimbangkan lagi, (2) Secara umum siswa merespon positif pembelajaran IPA dengan ponerapan metode diskusi, terlihat dari angket pada siklus 1 siswa yang merespon positif sebanyak 92%,dan siklus 2 sebanyak 100%, dan (3) Cara penerapan metode diskusi pada pembelajaran IPA sehingga hasil belajar siswa meningkat adalah tiap kelompok diberi LDS untuk dikerjakan secara kelompok, diberi PR, membahas PR, serta membahasa hasil tes. Sehingga hasil belajar siswa dari siklus 1 hingga siklus 2 mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 64 dengan ketuntasan belajar klasikal 68% dan pada siklus 2 sebesar 72,2 dengan ketuntasan belajar klasikal 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 16:58
Last Modified: 19 Dec 2013 16:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5079

Actions (login required)

View Item View Item