Susanti, Linda and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Ismail, Ismail (2012) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA JAM PADA MATERI MEMBACA TANDA WAKTU DI KELAS III SDN 03 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
LINDA SUSANTI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (637kB) |
Abstract
Meningkatkan prestasi belajar matematika melalui media jam pada materi membaca tanda waktu di kelas III SDN 03 Bengkulu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa serta tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan meliputi : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. subjek penelitiannya adalah siswa kelas III SDN 03 Bengkulu Selatan yang berjumlah 17 siswa. Indikator yang ditetap guna mengukur keberhasilan penelitian yaitu jika nilai rata-rata klasikal mencapai ≥70 dan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 80%. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu siklus I diperoleh nilai rata- rata klasikal hasil belajar sebesar 65,29 dengan ketuntasan belajar sebesar 52,94% , pada siklus II perolehas rata-rata hasil belajar klasikal sebesar 74,11 dengan ketuntasan belajar sebesar 76,47% serta siklus III perolehan rata-rata hasil belajar sebesar 81,17 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 86,23%. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa melalui media jam dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SDN 03 Bengkulu Selatan pada materi membaca tanda waktu. Untuk itu disarankan kepada guru yang mengajar mata pelajaran matematika dapat menggunakan media pembelajaran yang lain sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi yang akan disampaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 19 Dec 2013 17:06 |
Last Modified: | 19 Dec 2013 17:06 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5082 |
Actions (login required)
View Item |