STUDI DESKRIPTIF PENGUASAAN GURU TERHADAP PENCAPAIAN TUJUAN RANAH AFEKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn DI SD NEGERI 86 KOTA BENGKULU

Lestari, Marita and Puspa , Djuwita and Herman , Lusa (2012) STUDI DESKRIPTIF PENGUASAAN GURU TERHADAP PENCAPAIAN TUJUAN RANAH AFEKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn DI SD NEGERI 86 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Marita Lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan umum penelitian ini ialah bagaimanakah penguasaan guru dalam pencapaian tujuan ranah afektif pada proses pembelajaran PKn di SD Negeri 86 Kota Bengkulu. Dengan adanya permasalahan tersebut maka, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan guru terhadap pencapaian tujuan ranah afektif dalam proses pembelajaran PKn di SD Negeri 86 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif-kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif melalui reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil analisis data dalam bentuk narasi. Dari analisis data menunjukkan bahwa pola pengelolaan pembelajaran PKn dalam mencapai tujuan ranah afektif yang dilakukan oleh guru masih kurang baik. Sehingga, penguasaan guru dalam melaksanakan evaluasi ranah afektif juga masih kurang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penguasaan guru terhadap pencapaian tujuan ranah afektif dalam proses pembelajaran PKn di SD Negeri 86 Kota Bengkulu masih kurang baik. Saran dari peneliti, untuk mencapai tujuan pembelajaran afektif yang optimal guru harus lebih meningkatkan kualitas dan penguasaannya terhadap proses pembelajaran dan evaluasi yang mengarah pada ranah afektif. Guru juga harus memprogram dan merencanakan kegiatan pembelajaran dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 17:11
Last Modified: 19 Dec 2013 17:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5084

Actions (login required)

View Item View Item