PENGGUNAAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI UANG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 05 KAUR TENGAH

Yuhastina, Meini and Daimun , Hambali and Herman , Lusa (2012) PENGGUNAAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI UANG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 05 KAUR TENGAH. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI MEINI YUHASNITA PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dan kemampuan guru dengan Penggunaan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Uang Pada Siswa Kelas IV SDN 05 Kaur Tengah serta untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 05 Kaur Tengah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah Penggunaan Media Konkret pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran Matematika materi uang pada siswa kelas IV SDN 05 Kaur Tengah, apakah penggunaan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi uang pada siswa kelas IV SDN 05 Kaur Tengah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi,dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes tertulis. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata – rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata – rata skor dan kreteria skor. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata – rata skor observasi guru sebasar 23 dengan kriteria cukup dan rata – rata skor observasi siswa sebesar 27 dengan kriteria baik, pada siklus II rata – rata skor observasi guru sebesar 57 dengan kriteria baik dan rata – rata skor observasi siswa sebesar 37 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 46,42 % dengan nilai rata – rata 6,4. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 89,28% dengan nilai rata – rata meningkat menjadi 8,52. Berarti hal ini mengalami peningkatan, dengan penggunaan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi uang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Dec 2013 17:22
Last Modified: 19 Dec 2013 17:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5088

Actions (login required)

View Item View Item