UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 KAUR UTARA

Kurniawansyah, Okto and Daimun , Hambali and Herman , Lusa (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 KAUR UTARA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI OKTOm KURNIAWAN PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah: Prestasi belajar IPA di kelas IV yang belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar klasikal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 02 Kaur Utara melalui Metode Demonstrasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research) yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa serta lembar tertulis dalam bentuk essay. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai, persentase ketuntasan belajar siswa, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria skor. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus I diperoleh rata- rata skor observasi guru sebesar 33 dengan kriteria baik,dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 24 dengan kriteria baik, pada siklus II rata-rata skor observasi guru meningkat menjadi 35 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa meningkat menjadi 26 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 60 % dengan nilai rata-rata 68,56. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 92 % dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 82. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA dalam proses pembelajaran khususnya kelas IV di SD Negeri 02 Kaur Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 10:19
Last Modified: 20 Dec 2013 10:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5097

Actions (login required)

View Item View Item