Naim, Sahlun and Alexon, Alexon and Sri , Irawati (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
SAHLUN NAIM rev1-0.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV Negeri 11 Kota Bengkulu melalui model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 11 Kota Bengkulu yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 11 Kota Bengkulu. Maka disarankan kepada guru IPS untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal terutama pada mata pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 20 Dec 2013 10:56 |
Last Modified: | 20 Dec 2013 10:56 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5109 |
Actions (login required)
View Item |