PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS DENGAN BERMAIN PLAYDOUGH SEDERHANA PADA ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KETAHUN

Heni Purwani, Sefti and Sri , Saparahayuningsih and M, Izuddin (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS DENGAN BERMAIN PLAYDOUGH SEDERHANA PADA ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KETAHUN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SEFTY HENI PURWANI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Ketahun masih kurang berkembang, oleh karena itu peneliti melakukan penelitian di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Ketahun. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak dengan bermain playdough sederhana di kelompok A Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Ketahun. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah dengan Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi, fortofolio, dan dokumentasi. Subyek penelitian yang dilakukan pada kelompok A Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Ketahun. Jumlah siswa sebanyak 21 orang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Pada siklus 1 menunjukkan kemampuan motorik halus anak dapat meningkat 33%, sedangkan terjadi peningkatan pada siklus 2 yaitu 90%. Kesimpulan penelitian ini yaitu dengan bermain playdough sederhana dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 11:01
Last Modified: 20 Dec 2013 11:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5111

Actions (login required)

View Item View Item