MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELAS B2 TAMAN KANAK-KANAK WIDYA KENCANA DI KECAMATAN KEPAHIANG

Hariani, Septi and Sutrisno, Edi and Norman, Syam (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELAS B2 TAMAN KANAK-KANAK WIDYA KENCANA DI KECAMATAN KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SEPTI HERIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kondisi kelas B2 Taman Kanak–kanak Widya Kencana Kecamatan Kepahiang memiliki data yang menunjukkan kemampuan keaksaraan anak dalam kelas ini sangat rendah.Hal ini,ditandai dengan hasil pembelajaran menulis anak masih sangat rendah,misalnya:anak belum bisa menulis denga rapi yakni tulisan yang dibuat terlalu besar,masih keluar garis,bergelombang naik turun,huruf dalam kata masih kurang serta belummengenalspaUntuk mengatasi beberapa permasalahan di atas maka dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul meningkatkan kemampuan keaksaraan dengan menggunakan media gambar pada anak kelas B2 Taman kanak–kanak Widya Kencana Kecamatan Kepahiang.Tahun ajaran 2011/2012,dengan subjek penelitian 20 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 10 anak laki–laki. Metode penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan,(2) pelaksanaan tindakan,(3) observasi (4) refleksi pengumpulan data dilakukan dengan mengasesment dari teknik lembar penugasan anak dan observasi.Lembar observasi ada dua yaitu lembar observasi pembelajaran anak sedangkan lembar observasi guru adalah untuk mengetahui peningkatan aktifitas guru merancang pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran.Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan diketahui data keberhasilan anak yang menunjukkan pada siklus I sebanyak 60% dan meningkat 10% pada siklus ke II menjadi 70% begitu juga pada kemampuan guru merencanakan pembelajaran pada siklus I mendapat skor 27 meningkat menjadi 29 pada siklus II. Dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I guru mendapatkan nilai 52 meningkat menjadi 53 pada siklus II.Kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran mendapatkan nilai 29,kemampuan guru melaksanakan pembelajaran mendapatkan nilai 54,pembelajaran anak pada siklus III dari 70 % meningkat 20% menjadi 90% pada siklus III. Pada siklus III penelitian dikatakan berhasil karena sudah mencapai angka keberhasilan berdasarkan kriteria yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 11:10
Last Modified: 20 Dec 2013 11:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5114

Actions (login required)

View Item View Item