UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI BATANG DI KELAS IV SD NEGERI 06 PADANG GUCI HULU

Sunarti, Tiwi and Rohiat, Rohiat and Lukman, Lukman (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI BATANG DI KELAS IV SD NEGERI 06 PADANG GUCI HULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI TIWI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran konstruktivisme pada pokok bahasan Batang Tumbuhan pada kelas IV SD Negeri 06 Padang Guci Hulu, jumlah siswa 17 orang. Permasalahan yang diteliti adalah apakah Penerapan Pendekatan kontruktivsme dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang Batang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 (Dua) siklus. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman observasi, tes. Dari hasil pengamatan pada siklus I hasil belajar siswa dengan rata-rata 5,71, penilaian aktivitas siswa dengan skor ≥ 6,4 hanya 41,1%.dan pada siklus II peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata 7,6, penilaian aktivitas siswa dengan skor ≥ 6,4 yakni 94,1%. Dari pelaksanaan PTK yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang Batang Tumbuhan di SD Negeri 06 Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 11:38
Last Modified: 20 Dec 2013 11:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5123

Actions (login required)

View Item View Item