MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE FONIK MENGGUNAKAN PAPAN SLIP PADA ANAK KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK TADIKA PURI KEPAHIANG

Kalsum, Umi and Sutrisno, Edi and Norman, Syam (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE FONIK MENGGUNAKAN PAPAN SLIP PADA ANAK KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK TADIKA PURI KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
UMI KALSUM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Skripsi, jurusan pendidikan guru PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Solving: kemampuan membaca latar belakang pengambilan penelitian adalah kemampuan membaca anak pada TK Tadika Puri Kepahiang masih rendah, karena kurangnya minat anak untuk belajar membaca, disamping itu lingkungan juga kurang mendukung. Oleh karena itu penulis mengadakan penelitian dengan masalah tersebut di atas. Masalah yang dirumuskan Apakah melui metode fonik menggunakan papan slip dengan tema Binatang dapat meningkatkan kecerdasan bahasa anak pada aspek membaca pada anak kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Tadika Puri Kepahiang. Subjek penelitian ini semua siswa kelompok B1 berjumlah 20 anak, yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini pengamatan pelaksanaan pembelajaran yang berulang-ulang secara bertahap dalam siklus-siklus. Sebelum melaksanakan penelitian diadakan observasi ke kelompok B1 TK Tadiak Puri Kepahiang, kemudian dilaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilengkapi hasil pengamatan yang tertulis pada lembar pengamatan baik terhadap aktivitas siswa dan guru yang dilaksanak secara berulang-ulang. Hasil kesimpulan penelitian melalui metode fonik menggunakan papan slip dalam proses kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakn dengan baik dan terencana menghasilkan hasil yang baik, juga saran agar semua pendidik dalam melaksanakn pendidikan seoptimal mungkin sehingga tidak menjadikan masalah yang dapat menghambat lajunya pendidikan di era globalisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 11:54
Last Modified: 20 Dec 2013 11:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5129

Actions (login required)

View Item View Item