PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ( PTK di Kelas VA SDN 09 Kota Bengkulu)

Hartati, , Wilisni and Karjiati, Karjiati and Lukman, Lukman (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ( PTK di Kelas VA SDN 09 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Wilisni Hartati-0.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas VA di SDN 09 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode Problem solving. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseacrh) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar afektif dan psikomotor untuk penilaian kerja kelompok serta lembar tes tertulis dalam bentuk essay. Data hasil observasi dianalisis dengan teknik analisis data observasi guru dan siswa. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 36 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 32,5 dengan kriteria cukup, pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 40,5 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 39,75 dengan kriteria baik. Data hasil belajar dianalisis dari hasil tes siswa dengan menggunakan teknik analisis data tes. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 68,57% dengan nilai rata-rata 69,28. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 88,57% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 78,14. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Metode Problem Solving dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika khususnya di kelas VA SD Negeri 09 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 11:59
Last Modified: 20 Dec 2013 11:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5131

Actions (login required)

View Item View Item