PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN 64 BENGKULU SELATAN

Apensi, Marjono and Yulidesni, Yulidesni and Alexon, Alexon (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN 64 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI MARJONO APENSI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan aktifitas siswa dan kemampuan guru dengan penggunaan metode pembelajaran Koopertif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran Matematika di Kelas VI SD Negeri 64 Bengkulu Selatan serta untuk meningkatkan kualitas, proses dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dikelas VI di SD Negeri 64 Bengkulu Selatan melalui Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Rumusan masalah pada peneltian ini adalah apakah penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan minat dan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas VI SD Negeri 64 Bengkulu Selatan, apakah penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan kualitas, proses dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 64 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar tes tertulis serta pedoman wawancara. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria skor. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 18 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 12 dengan kriteria cukup, pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 19 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 18 dengan kriteria baik serta siklus III dengan rata-rata skor observasi guru sebesar 19 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 20 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 50% dengan nilai rata-rata 6,2. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 60% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 6,8. Sedangkan pada siklus III ketuntasan belajar klasikal meningkat 20% dari siklus sebelumnya menjadi 80% dengan nilai rata-rata 7,5. Hal ini membuktikan terdapat peningkatan aktifitas, kualitas, proses dan prestasi belajar siswa dengan penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 12:26
Last Modified: 20 Dec 2013 12:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5139

Actions (login required)

View Item View Item