PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING and COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Fatriyani, , Nesia and Nani , Yuliantini and Hasnawati, Hasnawati (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING and COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI NESIA FATRIYANI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas V SDN 17 Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 17 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa 32 orang. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar penilaian afektif, lembar penilaian psikomotor serta lembar tes tertulis (post tes). Data observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai persentase ketuntasan belajar siswa. Dari analisis data aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 30,75 dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 38,75 dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 29 dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 40,75 dengan kriteria baik. Untuk penilaian afektif pada siklus I diperoleh rata-rata skor 9,62 dan pada siklus II meningkat menjadi 11,19 Untuk penilaian psikomotor pada siklus I diperoleh skor 8,37 dan pada siklus II meningkat menjadi 10,52. Adapun untuk hasil tes pada siklus I mendapat nilai rata-rata kelas 7,17 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 78,12% dan untuk siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 8,03 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 84,75%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran Bahasa Indonesia mengenai membaca pemahaman dengan menerapkan model CIRC dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 12:29
Last Modified: 20 Dec 2013 12:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5140

Actions (login required)

View Item View Item