UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SERTA PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (PTK Siswa Kelas VD SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu)

Nadiarini, , Wulan. and Ansyori , Gunawan and Daimun , Hambali (2012) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SERTA PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (PTK Siswa Kelas VD SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Wulan Nadiarini.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar serta pengembangan karakter siswa dalam mata pelajaran matematika dengan menerapkan Pendekatan RME melalui Model Investigasi Kelompok. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar observasi guru dan observasi siswa, observasi afektif, psikomotor dan observasi pengembangan karakter. Hasil penelitian ini menunjukkan pada aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 31,75 dengan kriteria “cukup” dan meningkat pada siklus II dengan rata- rata 40,25 kriteria “baik”. Pada aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata 31,25 dengan kriteria “cukup” dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 39,75 kriteria “baik”, nilai kognitif siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 70,16 dengan ketuntasan belajar klasikal 68%, dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 80,5 dengan ketuntasan belajar klasikal yaitu 92%. Untuk aspek afektif pada siklus I diperoleh rata-rata 11,50 dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 12,16 dengan kriteria “baik”, Untuk aspek psikomotor pada siklus I diperoleh rata-rata 9,44 dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 10,20 dengan kriteria “baik”, sedangkan untuk pengembangan nilai karakter pada siklus I menunjukan persentase nilai karakter a) kerja keras: MB 40%, MK 0%, b) rasa ingin tahu : MB 58%, MK 2%, c) jujur : MB 62%, MK 0%, d) teliti : MB 48%, MK 6%, e) kreatif : MB 51%, MK 4%, f) disiplin : MB 48%, MK 4% dan meningkat pada siklus II dengan persentase nilai karakter a) kerja keras : MB 60%, MK 28%,b) rasa ingin tahu : MB 66%, MK 24%, c) jujur : MB 74%, MK 20%, d) teliti : MB 63%, MK 16%,e) kreatif : MB 64%, MK 16%, f) disiplin : MB 71%, MK 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Investigasi Kelompok Melalui Pendekatan RME dapat meningkatkan kualitas proses, hasil belajar dan pengembangan karakter siswa kelas VD SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 12:46
Last Modified: 20 Dec 2013 12:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5145

Actions (login required)

View Item View Item