PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING “TANDUR”DENGAN METODE PENUGASAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VA SD N 07 KOTA BENGKULU

Larasati Dwi, , Martin and Daimun , Hambali and Nur , Asni (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING “TANDUR”DENGAN METODE PENUGASAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VA SD N 07 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Martin Dwi Lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan menulis karangan narasi di kelas Va SDN 07 Kota Bengkulu dengan cara menerapkan model Quantum Teaching “TANDUR” dengan metode penugasan. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas Va SDN 07 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, pengamatan afektif dan psikomotor. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 28,75 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat sebesar 37,75 dengan kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi siswa sebesar 27,75 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat sebesar 36,75 dengan kriteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 64,28% dengan nilai rata- rata 73,35 pada siklus II meningkat menjadi 89,28% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 82,57. Untuk aspek afektif pada siklus I dengan perolehan kategori baik sebanyak 13 siswa dan pada siklus II meningkat mencapai 20 siswa dengan rata-rata aspek afektif berkembang dari kategori cukup hingga mencapai kategori baik. Demikian pula untuk aspek psikomotor pada siklus I dengan perolehan kategori baik sebanyak 14 siswa dan pada siklus II meningkat sebanyak 19 siswa untuk setiap aspek psikomotor dari kategori cukup menjadi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model Quantum Teaching “TANDUR” dengan metode penugasan dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi di kelas Va SD Negeri 07 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 15:53
Last Modified: 20 Dec 2013 15:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5147

Actions (login required)

View Item View Item