MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA KOMIK KARTUN DI KELAS VA SDN 59 KOTA BENGKULU

Neko, Neko and Osa, Juarsa and Herman , Lusa (2012) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA KOMIK KARTUN DI KELAS VA SDN 59 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Neko.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas VA SD Negeri 59 Kota Bengkulu, bertujuan mendeskripsikan langkah-langakah kegiatan pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray, untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Pkn dengan menerapkan model Kooperatif tipe stay two stray dengan media komik kartun. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa, pengamatan afektif dan psikomotor. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 44 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 55 dengan kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi aktivitas siswa sebesar 43 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 54 dengan kriteria baik. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 74% dan nilai rata-rata 70,19. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal 89% dan nilai rata-rata meningkat menjadi 76,31. Hasil belajar ranah afektif yang mendapat persentase terbesar adalah kategori (MB) yaitu aspek mendengarkan dengan persentase sebesar 44,44%. Hasil belajar ranah psikomotor yang mendapat persentase terbesar adalah kategori (T) yaitu aspek menggunakan dengan persentase sebesar 45,36%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model model kooperatif tipe two stay two stray menggunakan media komik kartun dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 59 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 16:01
Last Modified: 20 Dec 2013 16:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5148

Actions (login required)

View Item View Item