PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN 06 Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara)

Musmeri, Nodi and I Wayan , Dharmayana and Herman , Lusa (2012) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN 06 Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
NODI KUSMERI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V di SDN 06 Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara dengan menerapkan metode eksperimen. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseacrh) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, dan lembar tes tertulis dalam bentuk essay. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 28,25 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 25,75, dengan kriteria baik, pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 35,75 dengan kriteria amat baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 35 dengan kriteria amat baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 41% dengan nilai rata-rata 69,28. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 91% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 78,42. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil dan kualitas proses belajar khususnya di kelas V SD Negeri 06 Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 16:10
Last Modified: 20 Dec 2013 16:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5149

Actions (login required)

View Item View Item