HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA SISWA KELAS V SDN 06 KOTA BENGKULU

Aprilia, , Widia and Wurjinem, Wurjinem and Rita , Sinthia (2012) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA SISWA KELAS V SDN 06 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Widia Aprilia.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Korelasi yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 06 Kota Bengkulu, bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas V SD Negeri 06 Kota Bengkulu. Populasi sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 06 kota Bengkulu tahun ajaran 2011/2012, untuk pelaksanaan penelitian ini diambil kelas uji coba instrumen yaitu kelas V SD Negeri 02 Bengkulu. Instrumen penelitian berupa angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi berupa hasil belajar dan foto-foto hasil pelaksanaan penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik analisis korelasi Product Moment. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini dengan teknik analisis korelasi Product Moment yang dilakukan, diperoleh nilai ??? = 0,654 untuk mengetahui apakah hubungan itu signifikan atau tidak maka “r” hasil perhitungan dibandingkan dengan “r” tabel dan sebelum membandingkannya terlebih dahulu dicari derajat kebebasannya atau df (degree of freedom) dan diperoleh df = 27 dengan memeriksa tabel nilai “r” product moment ternyata bahwa dengan df sebesar 27, pada taraf signifikansi 5 % diperoleh “r” tabel = 0,367 sedangkan pada taraf signifikansi 1 % diperoleh “r” tabel = 0,470 dan jika dilihat pada harga “r” tabel tersebut ??? lebih besar dari pada harga “r” tabel. Baik pada taraf signifikan 5 % (0.65>0.367), maupun pada taraf signifikan 1 % (0.65>0.470). dengan demikian hipotesa alternative diterima artinya terdapat hubungan positif yang sedang atau cukup antara variabel X dan variabel Y. Maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa dalam mempelajari bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial sekalipun tingkat korelasinya tergolong sedang atau cukup.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 17:43
Last Modified: 20 Dec 2013 17:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5162

Actions (login required)

View Item View Item