UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR: MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IVC SDIT AL HASANAH KOTA BENGKULU

Eminita., Yulitria and Pudji , Hartuti and Ansyori , Gunawan (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR: MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IVC SDIT AL HASANAH KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
YULITRIA EMINITA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar dan sikap kerjasama siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IVC SDIT Al Hasanah dengan menerapkan model kooperatif tipe TGT. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi: guru dan siswa, kerjasama, afektif dan psikomotor serta evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, dokumentasi, dan hasil belajar dengan teknik analisis data: data tes dan data observasi. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 36,8 dengan kriteria cukup, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 35 dengan kriteria cukup, pada siklus II rata-rata skor observasi guru meningkat sebesar 46 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa meningkat sebesar 44,25 dengan kriteria baik. Penilaian kerjasama, afektif dan psikomotor pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 76, 77 dan 73,5 selanjutnya di siklus II penilaian rata-rata kerjasama, afektif dan psikomotor meningkat sebesar 92, 86 dan 87. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 54% dengan nilai rata-rata 63,5. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 83% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 86. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar dan sikap kerjasama siswa pada pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 17:51
Last Modified: 20 Dec 2013 17:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5164

Actions (login required)

View Item View Item