PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) MELALUI MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IVC SD NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Afriyanti, , Yuni and Resnani, Resnani and Wurjinem, Wurjinem (2012) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) MELALUI MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IVC SD NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Yuni Afriyanti.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan penerapan model Cooperative Learning tipe Think-Pair-Share melalui Media Gambar Seri pada siswa kelas IVC SDN 11 kota bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVC SDN 11 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian afektif dan psikomotor serta lembar tes menulis karangan deskripsi siswa. (1) Data observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai persentase ketuntasan belajar siswa Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 37,5 dengan kriteria “baik”, dan meningkat pada siklus II sebesar 42 dengan kriteria “baik”. Rata-rata skor observasi siswa pada siklus I sebesar 35,5 dengan kriteria “cukup”, dan meningkat pada siklus II yaitu 41,5 dengan kriteria “baik”. (2) Lembar penilaian afektif pada siklus I diperoleh skor sebesar 10,7 dengan kriteria “cukup” dan meningkat pada siklus II sebesar 12,6 dengan kriteria “baik”. (3) Lembar penilaian psikomotor pada siklus I diperoleh skor sebesar 9,2 dengan kriteria “cukup” dan meningkat pada siklus II sebesar 10,8 dengan kriteria :baik”. (4) Hasil tes menulis karangan deskripsi pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 65,40 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 45% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,2 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 83,33%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Model Cooperative Learning tipe Think- Pair-Share melalui Media Gambar Seri dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi khususnya siswa kelas IVC SD Negeri 11 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Dec 2013 17:57
Last Modified: 20 Dec 2013 17:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5165

Actions (login required)

View Item View Item