Purwanto , Andik (2012) KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU DENGAN MENERAPKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. EXACTA, 10 (2). pp. 133-135. ISSN 1412-3617
|
Text (Journal)
07. Andik Purwanto.pdf - Published Version Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (32kB) | Preview |
Abstract
Telah dilakukan penelitian quasi-eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir logis pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas X.2 yang berjumlah31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X.1 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan tes hasil belajar kognitif berupa soal pilihan ganda beralasan pada konsep listrik dinamis. Analisis data menggunakan uji-t dua sampel independen, diperoleh hasil skor rata-rata postes kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan rata-rata skor postes kelas kontrol dengan t2,139> t 1,670 pada taraf signifikan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas X di SMA N 8 Kota Bengkulu.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 28 Mar 2013 22:34 |
Last Modified: | 28 Mar 2013 22:34 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/518 |
Actions (login required)
View Item |