Johan , Henny (2012) PENGARUH SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MERUMUSKAN DAN MEMILIH KRITERIA PEMECAHAN MASALAH PADA KONSEP LISTRIK DINAMIS. EXACTA, 10 (2). pp. 140-142. ISSN 1412-3617
|
Text (Journal)
09. Henny Johan.pdf - Published Version Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (67kB) | Preview |
Abstract
Sebuah penelitian telah dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran mengenai model sscs problem solving untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merumuskan dan memilih kriteria pemecahan masalah pada konsep listrik dinamis. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain “The randomized Pretest-Posttest control group design” yang dilaksanakan di semester dua program studi pendidikan fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes awal dan tes akhir. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata N gain kemampuan merumuskan masalah adalah 0,55 dan rata-rata N-gain kemampuan memilih pemecahan masalah adalah 0,43. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan kemampuan mahasiswa dalam merumuskan dan memilih pemecahan masalah konsep listrik dinamis pada kelas eksperimen yang menggunakan model sscs problem solving.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 28 Mar 2013 22:41 |
Last Modified: | 28 Mar 2013 22:41 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/520 |
Actions (login required)
View Item |