PERANCANGAN SISTEM PENGENALAN PLAT NOMOR KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN METODE PENCOCOKAN TEMPLATE

Susanto, Agus and Reza, Satria Rinaldi and Faisal, Hadi (2012) PERANCANGAN SISTEM PENGENALAN PLAT NOMOR KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN METODE PENCOCOKAN TEMPLATE. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik UNIB.

[img] Text
Skripsi-Agus Susanto-G1D005002.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas sistem pengenalan plat nomor kendaraan bermotor. Masukan dari sistem ini adalah citra plat yang dipasang pada dudukan plat dan diambil (capture) menggunakan kamera dengan variasi intensitas cahaya dan jarak pengambilan citra. Variasi intensitas cahaya yang digunakan adalah 15 lux, 50 lux, dan 100 lux, sedangkan variasi jarak yang digunakan adalah 30 cm, 40cm, 50 cm, 60 cm, dan 70 cm. Citra hasil capture tersebut kemudian dilakukan proses segmentasi plat, segmentasi karakter, dan pengenalan karakter. Proses segmentasi plat, segmentasi karakter, dan pengambilan fitur dilakukan dengan teknik integral proyeksi, sedangkan proses pengenalan dilakukan dengan pencocokan template antara fitur citra uji dengan fitur citra template yang ada dalam database. Pencocokan dilakukan dengan mencari selisih absolut terkecil menggunakan city block distance. Sistem ini dibangun menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. Hasil pengujian sistem dengan variasi intensitas cahaya dan jarak pengambilan menunjukkan bahwa sistem dapat melakukan segmentasi plat pada intensitas cahaya 50 lux dan 100 lux dengan jarak pengambilan 30 dan 40 cm. Segmentasi karakter dapat dilakukan dengan tepat pada intensitas cahaya 50 lux dan 100 lux dengan jarak pengambilan 40 cm. Pengenalan karakter dapat dilakukan dengan baik pada intensitas cahaya 50 lux dan jarak pengambilan 40 cm dengan waktu rata-rata 19,0432 detik. Untuk kondisi intensitas cahaya dan jarak pengambilan yang lain tidak semua karakter yang ada dalam satu plat nomor dapat dikenali. Dari keseluruhan pengujian pengenalan diperoleh tingkat keberhasilan pengenalan karakter yang rendah, yaitu 10% dari 50 kali pengujian dengan variasi intensitas cahaya dan jarak. Dengan demikian metode pengenalan karakter yang digunakan dalam penelitian ini kurang tepat untuk pengenalan plat nomor kendaraan, sehingga diperlukan penerapan metode lain.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 22 Dec 2013 01:22
Last Modified: 22 Dec 2013 01:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5207

Actions (login required)

View Item View Item